Selasa, 05 Januari 2016

Bahaya Sembelit Terhadap Kesehatan

Bahaya Sembelit Terhadap Kesehatan -, Jangan selepekan sembelit yang terjadi pada Anda, sebab bukan tidak mungkin yang berawal dari sembelit dapat berakibat menjadi fatal. 


Sembelit atau dikenal juga dengan sebutan konstipasi atau susah buang air besar merupakan gangguan pencernaan yang terjadi akibat susah keluarnya zat-zat sisa atau limbah makanan dalam tubuh kita. Perlu Anda ketahui, buang air besar yang normal ialah sekali sehari yaitu di pagi hari. Sembelit biasanya terjadi akibat kekurangan asupan serat dalam tubuh, dapat berpengaruh dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sembelit memang merupakan hal yang biasa terjadi, dan kadang kala hanya dibiarkan begitu saja tanpa difikirkan dampak kedepannya. Padahal jika sembelit terus berlanjut dan hanya dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan dapat menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker.

Beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat anda sering mengedan atau mengejan terlalu keras saat buang air besar:
  • Wasir atau Ambeien
    Bahaya yang pertama dapat terjadi wasir atau ambeien, dimana lapisan selaput lender yang berada di daerah anus yang menjadi lemah dan kendur yang biasanya terjadi karena seringnya mengedan terlalu keras pada saat BAB dan buang air besar yang tidak teratur. Oleh karena itu agar BAB anda lancar perbanyaknya mengkomsumsi makanan yang berserat
  • Hernia atau Turun Berok
    Hernia atau sering dikatakan turun bero terjadi ketika otot pada selangkangan melemah sehingga menyebabkan usus sedikit mononjol pada pangkal paha. Namun hal tersebut juga bisa dipicu oleh hal-hal lain seperti mengedan atau mengejan terlalu keras pada saat buang air besar.
  • Turun Rahim
    Pada proses persalinan yang sulit itu dapat membuat otot-otot di sekitar rahim melemah atau seiring dengan menurunnya kadar hormon estrogen secara alami Oleh sebab itu rahim yang turun ke dalam saluran vagina biasanya disebut dengan istilah turun rahim.
    Rahim turun (prolapsed uterus) memang paling sering dialami saat proses persalinan yang berulang-ulang, dan juga adanya peningkatan tekanan dalam perut seperti batuk kronis dan mengedan terlalu keras  akibat sembelit saat buang air besar.
  • Turunnya Rektum atau Usus Besar Turun
    Rektum adalah ujung usus besar yang terletak pada anus. Akibat adanya peningkatan tekanan dalam perut maka rektum bisa turun ke anus yang dinamakan rektum turum (prolapse rectum). Akibat yang sering terjadi ketika mengedan (mengejan) terlalu keras saat buang air besar.
    Sebenarnya untuk kondisi ini memang tidak terlalu bahaya dan terkadang dapat dirawat di rumah tanpa perlu melakukan operasi, akan tetapi ada beberapa bahaya yang dapat timbul seperti terjadinya inkoninensia tinja atau tidak mampu mengontrol saat buang air besar, solitary rectal ulcer syndrome atau luka yang menumpuk disekitar anus dan juga kekurangan gizi.
  • Hisprung atau Megacolon
    Biasanya terjadi pada anak-anak. Yaitu kondisi perbesaran usus karena menumpuknya feses yang dapat mengakibatkan anak mengalmi peradangan pada usus.
Itulah bahaya sembelit yang parlu Anda waspadai, karena jika kesehatan pencernaan kita sehat Insyaalloh kesehatan yang lainnya pun akan terjaga


Bahaya Sembelit Terhadap Kesehatan

1 komentar:

  1. Apa solusi yg cepat dari bahan alami supaya bab lancar?tolong kasih info nya bu/pak

    BalasHapus